Laman

Jumat, 23 Maret 2018

Aplikasi Raport (A.RAPOR.V18)

Kali ini share (Aplikasi Rapor).V18 | Aplikasi yang dapat dipergunakan untuk mengentri nilai belajar peserta didik dan mencetak hasil pencapaian kompetensi dengan lebih mudah.

I. Tampilan Login



Aplikasi Raport adalah  Solusi Entry Data Siswa beserta Nilai masing-masing mapel pada setiap semesternya dengan lebih mudah (praktis). Setelah data tersimpan didatabase maka user Walikelas dapat mencetak sendiri hasil pencapaian kompetensi peserta didiknya.

Belajar dari aplikasi formatexcel yang harus copaste sehingga besar kemungkinan user walikelas mengalami kesulitan, terjadi kesalahan entry data, duplikasi data dan kehilangan data. Hal tersebut dikarenakan data yang berpindah-pindah, dicopaste dalam folder dimanipulasi. Sedangkan pada A.Rapor.V18 data akan tersimpan pada satu lokal database ( server ).


User pada Aplikasi A.Rapor.V18 dibagi menjadi dua kategori yang pertama: user ADMINISTRATOR dan kedua user WALIKELAS masing-masing user memiliki password rahasia. Komputer administrator (server) akan terkoneksi dengan komputer walikelas (client) melalui sebuah jaringan.

Login pertama dengan user administrator(1): User ini adalah pihak admin/TU petugas operator yang bertugas mengentry keseluruhan data madrasah/diniyah terutama yang berkaitan dalam proses peraporan nantinya. Data yang dientrykan seperti profile Madrasah, data pendidik ( pengajar matpel), data Mata Pelajaran ( KKM ), data Peserta Didik ( all kelas ), jumlah Kelas, Nama Walikelas dan sebagainya.
 



Login kedua user walikelas(2): User melakukan tugas mengentry nilai siswa per mata pelajaran kategori pengetahuan/keterampilan, entry nilai ekstrakurikuler, entry nilai sikap spiritual/sosial, entry nilai ketidakhadiran, nilai prestasi, catatan walikelas dan mengakses hanya nama siswa yang terdaftar dikelas yang menjadi wewenangnya. Jadi user walikelas 7A tidak dapat mengakses data siswa kelas 7B dan seterusnya.

Data nilai yang telah dientry mulai dari nilai pengetahuan, keterampilan, ketidakhadiran, ekstrakurikuler, sikap, prestasi dan catatan walikelas akan tersimpan ke database menurut TAPEL dan SEMESTER tertentu sehingga jika mengentry data yang sudah pernah dientry aplikasi akan memberitahukan hal tersebut. Maka tidak akan ada data nilai yang ganda(terduplikasi). Setelah itu walikelas dapat mencetak raport hasil pencapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan kurikulum 2013 (disesuaikan). 

Pada Print Out Raport kategori pengetahuan dan keterampilan nilai predikat otomatis sesuai KKM masing-masing mapel. Deskripsi juga otomatis sesuai nilai harian yang dientrykan pada form entry nilai. Semakin banyak nilai harian yang dientry maka deskripsi semakin variatif.

Tombol Ganti Sandi untuk mengganti password login user walikelas sehingga privasi akses data akan terjaga hanya untuk walikelas pada kelas tertentu.

Tombol Print Raport: mencetak raport hasil pencapaian kompetensi peserta didik.
Ada beberapa point yang dicetak menurut No.Induk peserta :

   1. Nilai Sikap Spiritual Sosial
   2. Nilai Pengetahuan Mapel
   3. Nilai Keterampilan Mapel
   4. Nilai Ekstrakurikuler
   5. Nilai Ketidakhadiran
   6. Nilai Prestasi



______________________________________________________________________________
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


II. Tampilan Form Entry Nilai

Pada form entry nilai user dapat langsung mengentry NILAI masing-masing peserta didik. Untuk aspek pengetahuan user mengentry nilai berdasarkan mata pelajaran. Agar lebih jelas silahkan klik tautan Cara Entry Nilai pada form Entry Nilai Pengetahuan berikut:



______________________________________________________________

Dengan menggunakan aplikasi AR.MAD.V18 diharapkan akan memberi kemudahan bagi pihak madrasah/diniyah dalam mengentrykan data nilai peserta didik terutama untuk bapak/ibu walikelas. Walaupun telah banyak Aplikasi raport yang dapat didownload di internet justru kami hadir untuk menjebatani bagaimana mendapatkan kemudahan sebagai user sehingga aplikasi yang seharusnya membantu pekerjaan kita jangan sampai malah mempersulit dan merugikan banyak orang. Interface ( tampilan tatap muka ) pada aplikasi AR.MAD.V18 didesign sesederhana mungkin agar mudah dioperasikan ( user friendly ) oleh semua tingkatan.



----------------------------------------------------------------------------------------
Aplikasi dalam tahap pengembangan
silahkan menghubungi via email: bylosoftware@gmail.com
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
=================================================================
 III. CATATAN WALIKELAS:

Mungkin terjadi kesalahan dalam screenshot rapor disamping (raport asli, bukan bermaksud menyudutkan hanya sebagai bahan kajian pelajaran)
disana pada salah satu mata pelajaran KKM=75, NILAI=74 dan PREDIKAT=B

sebelumnya kita ketahui bersama KKM merupakan kriteria ketuntasan minimal tiap mata pelajaran. KKM adalah acuan dalam menentukan Predikat yang diperoleh baik itu KKMtunggal atau multiKKM

Misalkan saja KKM=70 maka predikat (D) jika NILAI < 70
Predikat (C) jika NILAI 70-80
Predikat (B) jika NILAI 81-90 dan
Predikat (A) jika NILAI 91-100


Maka seharusnya pada KKM=75  predikat (D) jika NILAI < 75
Predikat (C) jika NILAI 75-83
Predikat (B) jika NILAI 84-92
Predikat (A) jika NILAI 93-100
 

Jika ini memang benar suatu kesalahan
maka kita bisa prediksi beberapa kemungkinan sebab.


1. Mengingat kurikulum K-13 masih baru sehingga butuh waktu juga beradaptasi dengan lingkungan baru
2. Kesalahan bermula dari aplikasi hasil copaste diinternet(tidak didampingi programmer)
3. Kesalahan user kurang teliti salah entry (???)
4. Dan banyak kemungkinan-kemungkinan lainnya
 


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 . . . silahkan menghubungi via email: bylosoftware@gmail.com

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Itulah kenapa kami hadir untuk sedikit banyak dapat menawarkan solusi. Tentu tidak bisa dipungkiri setiap hal bisa terjadi kesalahan karena tiada kesempurnaan dalam diri seorang makhluk. Namun sebaik-baik makhluk adalah dapat memperbaiki kesalahan sekecil apapun. Terlalu besar resiko dari sebuah kesalahan kecil apalagi dijaman milenia saat sekarang ini. Pada kasus diatas maka jika nilai lebih kecil dari KKM harusnya predikat kurang (C) /(D) dan jika predikat sudah salah maka otomatis deskripsi akan kurang tepat/tidak akurat.

Aplikasi Raport Madrasah (AR.MAD.V18) adalah sistem berbasis aplikasi dekstop yang diperuntukkan bagi madrasah/diniyah yang baru beradaptasi dengan kurikulum yang dikategorikan baru sehingga kedepannya kita dapat bekerjasama menyesuaikan diri dalam memberikan penilaian yang real sebagaimana diharapkan oleh satuan pendidikan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar